Agus Bandriyati

Guru SD yang tidak punya hobby. Mengawali pekerjaannya sebagai guru SMU, lanjut turun jenjang mengajar di SMP dan " naksir berat" di SD hingga belasan tah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Mencuci Beras
Sumber:google

Tips Mencuci Beras

(Tantangan hari ke-9)

#TantanganGurusiana

Kebiasaan turun temurun atau adat istiadat masih mengakar pada sebagian masyarakat masa kini. Karena hal tersebut memang dipandang sangat bermanfaat. Contoh hal kecil saja, mencuci beras yang menjadi rutinitas sebelum dimasak menjadi santapan utama khususnya di Indonesia. Ibu saya paling teliti nih dalam hal mencuci beras.

Pernah suatu waktu, beras sudah selesai dicuci oleh saya tapi karena beliau tidak mendengar niat yang harus terucap, terpaksa saya ulangi lagi.

Saat itu hanya berpikir, "ribet ya....! hanya urusan kecil saja". Rasa penasaran yang berkelanjutan membuat saya mencari tahu, "mengapa mencuci beras mesti melalui proses?". Ternyata begitu saya mengetahui makna yang terkandung dalam proses pencucian beras, mulai paham dan mengikuti tata cara pencucian beras ini. (*maaf, tidak berlaku untuk pencucian uang ya...!).

Beberapa proses pencucian beras yang masih menjadi rutinitas kami.

Tips Mencuci Beras

1. Menggunakan air bersih yang mengalir

2. Menggunakan tangan kanan untuk membasuh beras

3. Siapkan wadah untuk mencuci beras, hindari mencuci beras menggunakan rice cooker agar lapisan panci tidak tergores atau rusak karena proses pencucian beras

4. Takar beras secukupnya ke dalam wadah pencuci

5. Isi wadah dengan air bersih lalu aduk perlahan dengan tangan kanan Anda. Hindari mengaduk beras terlalu sering atau meremas beras hingga hancur atau bulirnya patah, karena hal ini menyebabkan beras kehilangan gizi. Salah satu vitamin yang ada pada beras adalah vitamin B1 yang terdapat pada bagian luar beras dan larut dalam air.

6. Aduk dengan arah berlawanan searah jarum jam ( seperti arah tawaf )

7. Buang air cucian pertama, kemudian isi kembali dengan air bersih

8. Aduk perlahan dengan tangan, kemudian buang kembali air cucian kedua. Sebaiknya mencuci beras dengan tiga kali bilasan.

9. Juga membaca :

ليس لها من دون الله كاشفةLaysa lahaa min duunilla Kaasyafah

"Tidak ada penyembuh selain dari Allah"

10. Boleh juga membaca " Yaa Latiif " 3x (yang artinya; "Yang Maha Melembutkan")

11. Ulang basuhan selama 3x atau sampai bersih

12. Sholawat

13. Niatkan dalam hati agar yang dimasak bermanfaat.

Ternyata begitu bermaknanya proses yang dulu dilakukan oleh para orang tua kita. Tidak hanya bersih secara lahiriah tapi juga bersih secara batiniah.

Jakarta, 23012020

#TantanganGurusiana

*Dari berbagai sumber

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses bu

23 Jan
Balas

Harapan dan do'a yang sama, bun..

26 Jan

saya biasanya 2 x..nyuci bilasnya..betulkah?

24 Jan
Balas

Ilmiahnya dianjurkan 2X, pak. Tapi dalam kajian orang tua dulu, "selalu hitungan ganjil"

26 Jan



search

New Post